Tipe-X, Grup band ska yang satu ini memang sudah tidak terdengar asing lagi di telinga para penikmat musik di tanah air. Pasalnya, band yang dibentuk pada 11 September 1995 dengan nama awal HeadMaster itu sampai saat ini sudah memiliki 6 album dan akan mengeluarkan album ke-7 mereka pada bulan Oktober mendatang, sebuah prestasi yang membanggakan bagi sebuah grup band ber-aliran ska. tipe-X juga adalah satu-satunya band ska dengan fans fanatik terbesar di Indonesia bahkan di Dunia dengan X-Friends dan X-Angels sebagai fans fanatik mereka yang akan selalu mendukung kapanpun dan dimanapun tipe-X berada.
17 Tahun tipe-X berkecimpung di dunia musik tanah air merupakan suatu prestasi yang bisa dibilang membanggakan. Mengapa? Dulu pada saat ska sedang booming-boomingnya memang banyak sekali grup band ska bermunculan di tanah air. Namun seiring berjalannya waktu, tidak sampai 10 tahun sudah banyak sekali yang bubar atau tidak berkarya lagi. Sebut saja Jun Fan Gung Foo dengan lagunya Bruce Lee pada saat itu, atau Noin Bullet dengan lagunya Bebaskan, saat ini band-band tersebut sudah tidak terdengar lagi kabarnya. Namun tipe-X mampu membuktikan bahwa tidak semua band beraliran ska itu berumur pendek.
Kembali menengok sejarah perjalanan tipe-X di masa lampau. Band tipe-X pertama kali dibentuk pada tanggal 11 Semptember 1995, awalnya mereka memakai nama Headmaster sebagai nama band. Namun, diubah menjadi tipe-X agar mudah untuk diingat. Awalnya mereka memainkan lagu-lagu milik orang lain seperti RHCP, Mighty Mighty BossToneS, Operation Ivy dll. Band tipe-X sampai saat ini beranggotakan 7 orang, diantaranya Tresno (vokalis), Billy (Gitar), Yoss (Gitar), Micky (Bass), Arie (Drum), Anto (Trombone) dan Richie (Trumpet). tipe-X beberapa kali ganti personel, dimulai dari Hendro (drum) pada tahun 2002 kemudian posisinya diganti Adi yang kemudian hengkang pada 2008, dan diganti oleh Arie Hardjo sampai saat ini. Kemudian pada posisi Saxopohone diisi oleh Andi Toha, namun ia hengkang dari tipe-X pada awal 2011. Lalu pada posisi Trumpet, posisi ini awalnya milik Andi Toha, namun seiring berjalannya waktu, Andi Toha pindah ke Saxophone dan Trumpet diisi oleh Egy. Namun, Egy mengundurkan diri dari tipe-X pada awal 2012 dan posisinya sekarang diganti oleh Richie. Meski beberapa kali ganti personel, namun mereka tetap solid sebagai sebuah band ska yang kuat.
tipe-X sudah memiliki 6 Album dan akan mengeluarkan album yang ke-7 mereka. Enam album tersebut diantaranya adalah ‘Ska Phobia’ (1999), ‘Mereka Tak Pernah Mengerti’ (2001), ‘Super Surprise’ (2003), ‘Discography Hitam Putih’ (2005), ‘a Journey’ (2007), ‘Festival Perasaan’ (2009) dan rencananya album ketujuh mereka ‘SEVEN’ (2012). Beberapa lagu yang pernah nge-hits di masyarakat sampai saat ini diantaranya Genit, Sakit Hati, Salam Rindu, Lagi-Lagi Sendiri, Selamat Jalan, Karena Cemburu, Mawar Hitam, Kamu Nggak Sendirian, Pria Tampan, Dugem, Saat-Saat Menyebalkan, Ciuman Pertama, dan beberapa single dari album 7 diantaranya Boyband dan Akibat Kencan Buta. Lima dari tujuh album tipe-X dikerjakan oleh major label, dengan label Aquarius Musikindo. Namun pada album 6 digarap oleh Michellin Records (2009) dan di album 7 dikerjakan oleh Offbeat Music Indonesia.
 tipe-X merupakan band ska dengan fans fanatik terbesar di Indonesia bahkan terbesar di Dunia. Dengan X-Friends dan X-Angels sebagai fans fanatik mereka. Sampai saat ini X-Friends berjumlah kurang lebih 20 ribuan orang yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan beberapa di Negeri Tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Dengan Johan Khalish sebagai Ketua Umum dan berpusat di Bekasi Jawa Barat sebagai basis X-Friends Indonesia. Sampai saat ini sekitar 50 kelompok yang terdaftar RESMI sebagai korwil (koordinator wilayah) X-Friends, dan sekitar ratusan kelompok yang belum terdaftar (belum RESMI) sebagai korwil di seluruh Indonesia. X-Friends merupakan fans fanatik terbesar ketiga setelah Slankers (SLANK) dan Oi (Iwan Fals). X-Friends terkenal dengan ciri khasnya menggunakan topi Pork Pie, berpakaian Rapi, berdasi dan serba hitam putih. Khas seperti RudeBoy (penggila musik ska) dengan goyangan seperti orang berlari dan meninju-ninju (skankin dance, namun para XFriends sering menyebutnya goyangan POGO).
Dilihat dari segala macam prestasi tipe-X yang sedemikian banyaknya. Rasanya tidak berlebihan jika tipe-X dijuluki sebagai rajanya musik ska di Indonesia. Yahh mungkin bisa disandingkan dengan Raja Dangdut Haji Rhoma Irama, Raja Pop Melayu Kangen Band, Raja Pop Muchael Jackson dan dengan bangga RAJA SKA INDONESIA TIPE-X. Band tipe-X sudah menjadi legenda tersendiri bagi perkembangan musik ska di tanah air. tipe-X juga menjadi sumber inspirasi dari munculnya grup-grup band ska baru seperti The Billy Sentris, Kapal Tanah, Van De Skamaffia dan banyak lagi grup band ska baru yang bermunculan karena terinspirasi dari tipe-X.
Harapan untuk tipe-X di usia yang ke-17 ini semoga tetap solid dan bisa terus berkarya di panggung musik tanah air. Bisa mengembalikan kejayaan musik ska di Indonesia. Tentu saja harapan paling penting adalah semoga panjang umur, kalau bisa terus berkarya hingga kakek-kakek. Supaya kami tetap bisa berdansa dan bersenang-senang selalu. Karena “Tanpa musik ska kami hanya bisa diam dan merenung”.
17 Tahun tipe-X dan X-Friends selalu bersama sampai tua.. SELAMANYA….!!!
“..Ceritakan padanya tentang tegarnya kita, walau batu karang menghadang jalan bersama kita terjang..”
[tipe-X - Ssstt..]
Salam Tangan Menyilang “X”

 Software, games yang free, gratis dan full version hanya di bonbansetail.blogspot.com

0 komentar:

Followers

Labels

Popular Posts

Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.